Minggu, 04 September 2016

PEWARIS DAN PEWARTA SANG SABDA

Purwosari Dalam Kotabaru, langkah menuju Indonesian Youth Day Manado semakin dekat, aktifitas kaum muda juga semakin meningkat seiring dengan kegiatan Nasional yaitu Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2016 "Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah". Sebagai bagian Gereja yang sangat berpengaruh yaitu kaum muda, semestinyalah memiliki tanggung jawab moral untuk ikut ambil bagian dalam nafas dan aktifitas hidupnya.
Bertempat di kediaman Samuel, salah seorang anggota OMK, Novena IYD 2016 dan sekaligus pendalaman BKSN ini berlangsung. Hadir sebanyak 18 kaum muda dan beberapa pendamping termasuk Suster Vincenta, SPM sebagai Pemandu dalam Permenungan dan doa tersebut.
Salah satu tema BKSN minggu 1 ini yaitu Yesus, Model Pewarta Sejati. Dalam tema ini di perdalam dengan mempertanyakan hidup menggereja dan aktifitas membaca Kitab Suci bagi Kaum Muda.
Sebagian besar kaum muda secara rutin sudah aktif dalam hidup menggereja, baik sekedar merayakan Ekaristi, maupun terlibat aktif dalam tugas liturgi, diantaranya dengan menjadi lektor, pemazmur, PPA dll. Dalam hal membaca Kitab Suci, sebagian diantara mereka merasa membaca kitab suci itu sedikit membosankan karena hanya berisi tulisan, dan bahkan dari beberapa anak muda kesulitan dengan bahasa juga isinya. Dalam hal ini pemandu memberikan sharing, bahwa membaca kitab suci itu bukan seperti membaca buku pelajaran atau bahkan buku cerita bergambar. Membaca Kitab Suci memang perlu dengan situasi hati dan juga pikiran yang jernih dalam memaknainya.
Yang paling sederhana, baca dulu minimal 1 ayat sehari. Walau tuntunan untuk tuntas membaca Kitab suci dalam 312 hari sudah diedarkan bukunya oleh Komisi Kitab Suci Keuskupan Banjarmasin, namun bukan harus selesai dengan seperti tuntunan itu. Kita bisa mengatur sedemikian rupa secara pribadi.
Bertepatan dengan ulang tahun teman OMK, Sdr. Samuel, kegiatan itu cukup special karena disediakan hidangan bakso oleh keluarga Pak Cun-cun. (Rep/Ft: Agustinus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar