Senin, 19 September 2016

OMK MEMPUNYAI PERAN DI KOMUNITAS, GEREJA DAN MASYARAKAT

Santo Yusup Kotabaru, Novena menyambut gelar Indonesian Youth Day di Manado terus digelar, event ini semakin dekat dan perlu dukungan seluruh warga Gereja, terlebih orang muda Katolik itu sendiri yang merupakan bagian inti dari ajang itu. Temu orang Muda Katolik ke-2 di Manado sudah diagendakan, seluruh paroki, keuskupan di Indonesia haruslah peduli dengan keberadaan Kaum Muda yang Notabene akan menjadi Gereja masa mendatang. 
Di Paroki Santo Yusup Kotabaru, Kalimantan Selatan kegiatan Novena ini berjalan dengan baik. Dimulai dari kirab salib tingkat keuskupan yang juga kebetulan dimulai dari Paroki Pulau Laut ini. Pada hari Minggu, 18 September 2016 lalu, Novena sudah memasuki hari ke-8. Kegiatan ini  banyak diminati anggota OMK, minimal 15-20 anak selalu berkumpul setiap minggunya. Minggu ke-8 kegiatan novena ini bertempat di rumah sdr. Welly (Keluarga Bpk Markus) yang beralamat di Purwosari Dalam dan didampingi oleh Sr. Vincenta, SPM, serta Komisi Kepemudaan (Che Melia Kosasih). Walau kondisi mendung dan gerimis tidak menyurutkan semangat OMK untuk berkumpul dan menyediakan diri mendengarkan Sabda Tuhan serta melanjutkan Novena Kirab Salib IYD.


Dalam perjumpaan dan permenungan itu dibahas bagaimana OMK mempunyai peran di Komunitas, Gereja dan masyarakat. Apa saja yang sudah dilakukan? Hal ini untuk menunjukkan jati diri OMK, dan menepis anggapan bahwa OMK dipikir hanya bisa jaga parkir dan tidak punya kemampuan lain.
Dalam sebuah pendalaman, salah satu OMK menyatakan bahwa OMK dalam hal tertentu masih mempunyai kemampuan yang tidak boleh dianggap remeh, misalnya OMK punya daya pikir yang baru dan banyak ide cemerlang untuk kemajuan Gereja masa mendatang, ujar Fredy.
Ada pula yang menyatakan keberaniannya mempertahankan ke-Katolik-annya dengan tetap menggunakan rosario walau banyak teman mengatakan bahwa hal itu hanya mengadopsi dari keyakinan lain, ungkap Anton
Kepedulian OMK terhadap Gereja sebenarnya sudah ditunjukkan dengan berbagai aktifitas yang dilakukannya selama ini, hal itu diungkapkan dalam sharing yang menyatakan bahwa OMK sudah terlibat dalam tugas liturgi. Perlu Komitmen OMK dalam tetap setia dalam pelayanan dan juga keseriusan dalam melakukannya. (Ref/Foto: Agustinus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar